Rabu, 09 Oktober 2013

Pengalaman Memalukan dengan Costumer Service



Kamis, 9 Oktober 2013 (Sekitar jam setengah delapan sore)

“Halo, selamat malam. Dengan Ibu Sofia?”

—Bhik! Dipanggil Ibu. “Hmm.... Iya.”

“Maaf Ibu Sofia, kami dari Costumer Service *piiip* minta waktunya sebentar.”

Aku yang lagi dalam keadaan setengah sadar gegara tidur, langsung bangun dan berusaha bikin suaraku sejernih mungkin setelah denger nama *piiip* disebut. “Oooh.... Iya, iya.”

Dan percakapan pun berlangsung
.
.
.
Rabu, 8 Oktober 2013
 
Aku beli pulsa sama tetangga sebesar Rp.50.000,- terhitung gede lah, buat anak seumuran aku apalagi yang bukan anak orang kaya.

Aku langsung beli paket internetan yang seharga 49 ribu deh, ke operatornya. Aku tunggu kan, aku dapet sms kalo pendaftaranku lagi diproses. Aku cek juga ke bintang blablabla pagar trus aku liat status langgananku. Di sana tertulis bahwa blablabla-ku udah ACTIVE, tanpa sadar kalo itu adalah blablabla bulan lalu. (Aku bingung mau sebut apa nama paketnya jadi aku bilang aja deh blablabla).

Nah, aku buka browse kan. Aku buka skype sekalian nunggu panggilan penting dari orang ‘sana’, aku main-main twitter, line, watsap, aku buka yutup soalnya aku suka streaming video. Pokoknya dengan entengnya lah aku buka itu semua.

Tiba-tiba, skype-ku nge-log out sendiri, yutup juga mandek, berikut browse lainnya. Aku cek deh ke bintang blablabla pagar buat cek kuota dan kuota aku itu 0 kb. Masih sisaan bulan lalu. Otomatis aku marah lah. Apalagi aku lagi nunggu panggilan super penting dari luar negeri.

Aku berniat telpon Costumer Service-nya buat ngelabrak. Buat ngamuk-ngamuk dsb. Buat marah lah pokoknya. Enak aja orang aku abis 49 ribu malah pulsa kuota belum masuk-masuk. Tapi ada kendala. Aku ga tahu nomor cost. service operator ini. Awalnya aku pake kartu lain dan telpon ke nomor blablabla. Bilangnya, “Maaf, seluruh costumer service kami sedang sibuk. Silakan coba beberapa saat lagi.”

Oke, aku terima. Aku coba lagi kan. Eh, jawabannya sama juga. Gituuuuuu terus entah sampe ke berapa kali. Pokoknya emosi udah di ubun-ubun. Gila banget! Udah lagi awal-awal PMS lagih! Pokoknya kalo dideskripsikan, kepalaku ini mendidih; keluar asep.

Setelah aku coba lagi dan coba sampe nangis—soalnya nunggu telpon penting juga, sih. Takutnya mereka batalin kontrak dan cari orang lain gara-gara masalah ini—akhirnya aku pake kartu lain, browse deh. Cari nomor layanan pelanggan itu.

Ketemu! Langsung aja aku telpon. Setelah diangkat, masih dengan perasaan jengkel, aku cerita ke mas-mas costumer service-nya, aku keluhin semuanya, dan udaaaaaaah semuanya aku jelasin pake suara keras dan kecepatan penuh saking emosinya, dia cuma bilang, “Nanti ya bu, ditunggu 1x24 jam. Kami akan menindaklanjutinya. Jika masih ada keluhan, ibu bisa menghubungi kami kembali.”

Dengan perasaan masih gedek—salah satunya karena dipanggil Ibu, aku bilang, “Hah? Nunggu? Sampe besok jam 3 sore, gitu?”

“Iya, Bu.”

Aku mendengus, “Okedeh.” Pasrah. Pengennya sih marah-marah. Tapi aku nggak berani ._. #lah

Okelah. Aku coba sabar dan ganti kartu lain yang pulsa kuotanya tinggal dikit buat nunggu panggilan penting itu.
.
.
.
Kamis, 9 Oktober 2013 (Sekitar jam 2 siang)

Waktu berlalu sampe pagi, sampe siang. Aku inget deh kalo masalahku sama operator *piiip* belum selesai. Aku telpon lagi kan. Aku keluhin masalah yang sama blablabla panjang lebar dengan kecepatan penuh juga, pake suara yang melengking juga. Kesempatan, sih, kapan lagi bisa marah-marah sama operator. #kemudianDibuang

Nah, yang pertama itu jawabnya apa gitu lah aku ga terlalu faham soalnya masih emosi banget. Sisa-sisa semalem. Intinya sih dia nyuruh aku nunggu 1x24 jam lagi. Dan kata dia, operatornya bakal hubungi aku.

Okelah, aku tutup telponnya, aku beresin kamer sambil dengerin musik. Beberapa menit kemudian, operator itu telpon deh. Mbak-mbak tuh, aku inget namanya. Namanya Okta. Dia jelasin blablabla, aku “Hu’um-hu’um,”-in aja, (padahal ga ngerti).

Antara lain dia bilang gini, “Jadi gini, Ibu Sofia. Ibu daftar kemarin tanggal 8 oktober ya, nah kuota regulernya sudah habis, sehingga pulsa utama ibu terpakai. Makanya ibu kehilangan pulsa 49 ribu itu, Bu.”

Aku nggak terima, ‘kan. Padahal aku udah daftar lho, masa sih langsung habis! Aku protes deh ke mbaknya, aku nggak percaya kalo pulsa regulerku langsung habis padahal baru daftar kemarin. Mbak juga coba jelasin lagi dari awal tapi AKU SAMA SEKALI NGGAK MENANGKAP APA MAKSUDNYA.

Akhirnya panggilan pun diakhiri. Aku nggak mau nyerah, intinya aku percaya bahwa pulsa 49 ribuku hilang gara-gara kesalahan operatornya! Aku cari-cari deh bukti sms, masa aktif, dsb. Aku telpon lagi.

Telpon pertama, entah kenapa tiba-tiba mati di tengah pembicaraan. Aku telpon lagi, trus aku jelasin lagi hal yang sama. Bahkan aku percaya kalo aku lebih akurat. Mas-masnya (entah berapa mas-mas yang ngeladenin aku) dengan sabaaaar banget ngasih penjelasan ke aku.

Entah karena merekanya yang ngasih penjelasannya rumit, atau otak akunya yang koneksi lama, ya? Intinya aku tetep emosi, tetep minta pertanggungjawaban mereka kenapa aku udah daftar paket inet, udah kehilangan pulsa 49 ribu, tapi kuota masih 0,0 kb.

Mereka udah coba jelasin, aku juga udah coba ngertiin, tapi masalah belum clear. Mereka bilang aku suruh nunggu lagi, nanti mereka telpon.

Nah, udah sore. Aku ngelakuin kegiatan lain. Beres-beres rumah dikit, trus baca. Aku ngantuk, mungkin karena kebanyakan ngomel kali yah. Aku juga stress, sih, mikirin nggak dapet-dapet telpon maupun e-mail dari luar negeri. Aku tidur deh, lumayan lah, setengah jam.

Lagi mimpi ditelpon sama orang luar negeri—ini seriusan aku worry banget sampe kebawa mimpi—Aku dibangunin sama dering telpon. Aku angkat, “ Halo?”

“Halo, selamat malam. Dengan Ibu Sofia?”

—Bhik! Dipanggil Ibu. “Hmm.... Iya.”


“Maaf Ibu Sofia, kami dari Costumer Service *piiip* minta waktunya sebentar.”


Aku yang lagi dalam keadaan setengah sadar gegara tidur, langsung bangun dan berusaha bikin suaraku sejernih mungkin setelah denger nama *piiip* disebut. “Oooh.... Iya, iya!”

Dalam hati sih ngarep lah, mereka bakal ngakui kesalahan, minta maaf, dan pulsaku balik. Yeiy!

Tapi dugaanku salah, “Ibu pada tanggal 8 Oktober membeli paket bulanan 49 ribu ya?”

“Iya.”

“Awalnya pulsa ibu 50.200,- benar?”

“Iya.”

“Jadi begini, Ibu. Ibu saat itu belum terdaftar di paket bulanan kami, tapi ibu menggunakannya untuk internetan ya, Ibu. Sehingga, karena paket bulanan ibu untuk bulan lalu yang regulernya sudah habis, maka pulsa utama akan digunakan untuk layanan data tersebut. Jadi, pulsa ibu berkurang 49 ribu karena sudah digunakan terlebih dahulu sebelum terdaftar di paket tersebut. Ibu saat itu menggunakan data sebanyak blablablaribu kilo byte, dan menghabiskan pulsa sekitar 49 ribu rupiah.”

ZOOOOONK...!

Aku diem beberapa detik. Entah kenapa, ya, mungkin karena pikiran jernih sehabis bangun tidur, jadi penjelasan mas-mas ini teh teraaaaaaang banget. Dan bikin malu tentunya. Mungkin juga mereka pake mantra karena capek ladenin aku yang crewet bin bawel bin menyebalkan bin lemot ini.

Aku tepok jidat; face palm. Omaygaawd. Jadi ini kesalahan aku? Aku belum terdaftar di paket internet tapi aku kira udah terdaftar sehingga aku gunain data seenak udel, dan habis ga kerasa kemudian menyalahkan mereka????

“O-oh.... Ya ampun, Mas. Jadi gitu, ya? Aku baru faham...,” kayak sapi ompong aku ngomong kaya gitu ke mas-masnya.

“Iya, begitu, Ibu. Bagaimana penjelasan dari kami. Sudah dapat dimengerti, Bu?”
 
“Oh, iya, iya! Mengerti sekali.” Dan secara mendadak aku mengubah suara menjadi lembut. Menurutku, sih.

“Baiklah, Ibu Sofia. Terima kasih sudah mempercayakan *piip* dan menggunakannya. Mohon maaf telah mengganggu Anda, selamat ... malam.”

“.... malam.”

Aku bengong, menikmati kesadaranku betapa begonya aku. Aku menebak deh kalo mereka-mereka yang dari kemaren menghadapi aku pasti bernapas lega dan bilang, “Akhirnya, faham juga tuh orang labil.”

Jleb! Aku malu ngebayangin itu. What the hell is going on with me? Aku yang merasa teraniaya dan percaya kalo semua adalah kesalahan *piip*, akhirnya harus mengakui kalo aku terlalu bego buat mengerti penjelasan mereka. Harus komunikasi beberapa kali dulu baru aku ngerti.

Bahkan aku berniat kalo pulsaku nggak balik, aku bakal publikasikan keteledoran mereka di internet dan bilang JANGAN PERCAYA SAMA *PIIIP*! Wkwkwk.... Betapa labilnya guehh....

Okay! That’s my experience with a costumer service. Betapa sabarnya mereka menghadapi pelanggan. Hahahaa.... Yah, aku tahu itu tuntutan pekerjaan. Tapi tetep aja, kalo nggak punya kesabaran tinggi aku pikir ga mampu buat melayani pelanggan kayak aku. #iniAkuNgerasaBahasakuAmbigu. Lol.

Dan tiba-tiba flashback omongan mereka tadi siang itu kembali mampir di otakku dan aku mulai faham bahwa mereka juga sebenernya menjelaskan yang sama kayak yang mas-mas terakhir tadi jelaskan. CUMA, mungkin karena aku emosi kali yah. #diaNgeles.

Yup! Enough. Cukup deh aku mempermalukan diri sendiri. Itu adalah pengalamanku, Guys. Aku harap, siapa pun kalo mau daftar/beli harap check ulang, teliti, dan sabar. Jangan sampai pengalaman memalukan yang aku alami ini dialami oleh kalian.

Dan kabar baik lainnya, di tengah aku nulis ini, aku DAPET TELPON DARI ORANG LUAR NEGERI ITU YEEEEIIIY!!!! Betapa senangnya akuuu....

Sekali lagi, cukup! Kapan-kapan aku bakal cerita lagi soal pengalamanku. Hahahaa....

Yuk ah! Babaaaai....

Tidak ada komentar: